Kamis, 28 November 2013

MAKALAH UBUNTU

BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Bagi sebagian orang awam, mungkin sistem operasi open source dianggap sulit pengoperasiannya dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Windows, bahkan ada yang belum mengetahuinya. Padahal, dalam pengoperasiannya, Linux sudah dipakai pada sistem-sistem operasi di perusahaan-perusahaan besar, kantor, bahkan sudah dipakai di konsol game seperti PS2, PS3, Nintendo, dan Xbox360. Sesuai bahasan ini, Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux berbasiskan Debian yang paling popular akhir-akhir ini di kalangan penggemar open source di seluruh dunia. Kesuksesan Ubuntu ini adalah terletak pada tingkat kestabilan yang baik serta user friendly.
Diharapkan, dengan adanya informasi ini pembaca dapat mengetahui apa itu Ubuntu serta dapat mempelajarinya agar dapat mengikuti perkembangan sistem operasi open source Linux khususnya Ubuntu.




1.2         Rumusan Masalah
Pada subbab ini, akan dijelaskan berbagai rumusan masalah mengenai Ubuntu. Rumusan masalah mengenai Ubuntu. Rumusan masalah akan menyangkut berbagai pertanyaan seputar Ubuntu.
1.      Sejarah Ubuntu
2.      Fitur Ubuntu
3.      Persyaratan Sistem Ubuntu
4.      Pemasangan Ubuntu
5.      Rilis Ubuntu
6.      Lingkungan Desktop
7.      Varian Ubuntu
8.      Ubuntu Edisi Server
9.      Kelebihan dan Kekurangan Ubuntu
10.  Tutorial Penginstalan Ubuntu



BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Sejarah Ubuntu
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :
·         bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
·         bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
·         bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan
Ubuntu adalah salah satu proyek andalan Debian. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakan sistem operasi desktop Linux yang mudah dipakai. Ubuntu dijadwalkan dirilis setiap 6 bulan sehingga sistem Ubuntu dapat terus diperbarui.
Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). Setiap 2 tahun sekali (versi xx.04 dengan x angka genap) akan mendapatkan Long Term Support(LTS) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server. Namun Ubuntu 12.04 yang akan dirilis April 2012 akan mendapatkan pembaruan sistem selama 5 tahun. Perpanjangan dukungan ini bertujuan untuk mengakomodasi bisnis dan pengguna IT yang bekerja pada siklus panjang dan pertimbangan biaya yang mahal untuk memperbarui sistem.
Paket-paket software Ubuntu berasal dari paket tidak stabil Debian; Ubuntu memakai format paket dan manajemen paket Debian (APT dan Synaptic). Paket Debian dan Ubuntu seringkali tidak cocok. Paket Debian sering kali perlu dibuat ulang dari source agar dapat dipakai di Ubuntu, begitu juga sebaliknya. Ubuntu bekerja sama dengan Debian untuk berusaha agar perubaha-perubahan sistem Ubuntu mengarah kembali ke Debian, namun hal ini hampir tak terlaksana. Penemu Debian, Ian Murdock, pernah berkata bahwa paket Ubuntu berpotensi mengarah terlalu jauh dari Debian. Sebelum setiap rilis Ubuntu, paket-paket diambil dari paket tidak stabil Debian dan digabung dengan modifikasi Ubuntu. Sebulan sebelum perilisan, pengambilan paket dihentikan dan kerja selanjutnya adalah memastikan paket-paket yang sudah diambil bekerja dengan baik.
Ubuntu sekarang dibiayai oleh Canonocal Ltd. Pada 8 Juli 2005 Mark Shuttleworth mendirikan pendirian Ubuntu Foundation dan memberikan pendanaan awal sebesar US$10 juta. Tujuan dari pendirian yayasan ini adalah untuk memastikan pengembangan dan dukungan semua versi Ubuntu dapat terus berjalan.
Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart TV. Dan desain-desainnya pun sudah mulai dirancang.

2.2     Fitur Ubuntu
          Ubuntu terdiri dari banyak paket, kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi lisensi software bebas. Namun, beberapa software khususnya driver menggunakan Proprietary software. Lisensi yang pada umumnya adalah GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL), dengan tegas menyatakan bahwa pengguna dengan bebas dapat menjalankan, menggandakan, mempelajarai, memodifikasi, dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun. Namun tetap ada software proprietary yang dapat berjalan di Ubuntu. Ubuntu berfokus pada ketersediaan kegunaan pada orang disfungsi, keamanan dan stabilitas. Ubuntu juga berfokus pada internasionalosasi dan aksesibilitas untuk dapat menjangkau sebanyak-banyaknya orang. Dalam hal keamanan, perangkat sudo dapat meningkatkan privilage secara sementara untuk melakukan tugas administratif, sehingga akun root dapat terus terkunci, dan mencegah orang tidak terauthorisasi melakukan perubahan sistem atau membuka kelemahan keamanan.
          Desktop Ubuntu memakai desktop environment graphis. Sebelum Ubuntu 11.04 interaksi grafis pengguna adalah GNOME Panel, namun setelah versi 11.04, berubah menjadi Unity. Unity adalah interface yang dikembangkan oleh Canonical yang awalnya dirancang untuk edisi Netbook.
Ubuntu terinstall dengan banyak software multiguna diantaranya
·    Perangkat dokumen :  LibreOffice,OpenOffice (sebelum 11.04)
·    Peramban : Mozilla Firefox, Konqueror (pada Kubuntu)
·    E-Mail browser : Mozilla Thunderbird, Evolution (sebelum Ubuntu 11.10)
·    Game-game ringan : Sudoku, Chess, mines
          dan beberapa software juga termasuk ke dalam CD installasi sebelum Ubuntu 11.04 sepert Transmision, GIMP. Namun software tersebut dihilangkan dari CD installasi karena ukurannya yang besar. Ubuntu juga dapat menjalankan program Windows lewat Wine atau Virtual Machine (seperti VMware workstation atau Virtual Box). Ubuntu, tidak seperti Debian, mengompile paket mereka menggunakan fitur gcc seperti PIE dan proteksi Buffer Overflow untuk memproteksi software mereka. Fitur Ekstra tersebut menambah keamanan secara signifikan dengan pemakaian performance hanya 1% pada 32 bit dan 0,01% pada 64 bit.
Fitur-fitur Ubuntu 10.10 yaitu : 
·         Installer yang Totally dirubah – lebih mudah digunakan, dandisederhanakan;  o17 wallpaper baru – dari berbagai fotografer di seluruh dunia; 
oMeningkatnya default tema – tema Ambiance default telah dirubah dantampak luar biasa; 
·         Font baru yang mengagumkan – font default telah diganti dengan yangbaru yang indah.
·         Ubuntu One untuk Android dan iPhone – itu akan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah sinkronisasi seluruh koleksi musik mereka ke sebuah smartphone Android atau perangkat 4 IOS dari Apple; 
·         OneConf – memungkinkan pengguna untuk sinkronisasi instalasi dengan mudah pada beberapa mesin, melalui Ubuntu Software Center; 
·         Revamped Ubuntu Software Center – menawarkan deskripsi yang lebih baik, apa bagian baru dan tambahan lainnya; 
·         Dukungan untuk aplikasi komersial – anda akan dapat membeli aplikasi, melalui Ubuntu Software Center; 
·         Meningkatnya aplikasi Kalkulator – gcalctool telah benar-benar dirubah dan memiliki fitur canggih; 
·         Revamped Applet Indikator – Volume Applet kontrol mendukung Rhythmbox sekarang; 
·         Peningkatan Computer Janitor app – sekarang lebih pintar dan lebih cepat dari sebelumnya; 
·         Dukungan untuk gerakan dengan multi-touch – dukungan untuk gerakan, dengan multi touch adalah mungkin melalui 1,0 isyarat uTouch Ubuntu dan multi-touch stack; 
Aksesoris : 
·         Calculator 5.32.0 (sebuah kalkulator aritmatika, ilmiah atau keuangan);
·         Character Map 2.32.0 (untuk memasukkan karakter khusus ke dalam dokumen); 
·         Baobab 2.31.1 (analisa penggunaan disk); 
·         Search for Files (aplikasi default sistem pencarian); 
·         Gnome Screenshot 2.32.0 (menyimpan gambar dari desktop atau jendela individu);
·         Gnome Terminal 2.32.0 (anda dapat menggunakan command-line); 
·         Gedit 2.30.3 (editor teks kecil dan ringan dengan spell-checker intuitif); 
·         Tomboy 1.4.0 (aplikasi pencatat desktop). 
Grafik :
·         Shotwell 0.7.2 (foto manajer, editor dan importir RAW); 
·         OpenOffice.org Drawing 3.2.1 (gambar, logo, editor dan pembuatan diagram)
·         Simple Scan 2.32.0 (scan, copy dan fax gambar). 

Internet :
·         Empathy 2.32.0 (IM multi-protocol); 
·         Evolution Mail 2.30.3 (e-mail client); 
·         Firefox 3.6.10 (web browser yang populer); 
·         Gwibber 2.32.0.1 (Microblogging); 
·         Vinagre 2.30.2 (remote desktop viewer); 
·         Terminal Server Client 0.150 (rdesktop, vncviewer, wfica, frontend Xnest); 
·         Transmission 2.04 (BitTorrent client yang ringan). 
Perkantoran :
·         Dictionary 2.31.1 (alat untuk mencari definisi kata dan ejaan di kamus online);
·         Evolution Mail and Calendar 2.30.3 (e-mail client); 
·         OpenOffice.org Suite 3.2.1 (spreadsheet, presentasi dan pengolah kata). 
Sound dan Video :
·         Brasero 2.32.0 (aplikasi pembakar CD/DVD); 
·         Totem 2.32.0 (pemutar DVD-Video, DivX, XviD, WMV, MOV); 
·         PiTiVi 0.13.5 (editor dan pembuat film); 
·         Rhythmbox 0.13.1 (Last.fm, radio dan pemutar musik); 
·         Sound Recorder 2.31.6 (alat perekam audio).
Utilitas Administrasi Sistem :
·         Janitor 2.0.4 (alat untu menghapus file-file usang danmembersihkan sistem anda); 
·         Palimpsest Disk Utility 2.30.1 (disk drive manajemen dan utilitas konfigurasi); 
·         Synaptic Package Manager 0.63.1 (install, hapus dan upgrade paket software); 
·         Ubuntu Software Center 3.0.4 (software installer/updater tool).
Janji-janji kunci dari Ubuntu adalah :
Ubuntu akan selalu bebas biaya, dan tidak ada biaya tambahan untuk "edisi enterprise". Ubuntu menyertakan yang terbaik dalam terjemahan dan prasarana aksesibilitas bahwa komunitas perangkat lunak bebas telah tawarkan, untuk membuat Ubuntu berguna bagi banyak orang  mungkin. Ubuntu dirilis secara berkala dan dapat diprediksikan; rilis baru dibuat setiap enam bulan. Setiap rilis didukung selama sekurangnya 18 bulan. Ubuntu berkomitmen penuh pada prinsip pengembangan perangkat lunak open source; kami mendorong masyarakat untuk menggunakan perangkat lunak open source, memperbaikinya lalu menyebarkannya.

2.3     Persyaratan Sistem Ubuntu
          Versi Desktop Ubuntu sekarang mendukung x86 32 bit dan 64 bit. Dukungan tidak resmi juga tersedia untuk PowerPC,[21] IA-64 (Itanium), Playstation 3 (Namun Sony telah mencabut dukungan untuk OtherOS lain pada 1 April 2011), dan beberapa handphone. [22]GPU yang didukung diperlukan untuk menjalankan efek visual seperti Unity Shell. Dalam kasus GPU yang tidak memadai, Unity dapat direduksi menjadi Unity 2D yang membutuhkan hardware yang lebih rendah

.
Kebutuhan Minimal[23][24][25][26]
300 MHz
700 MHz
128 MiB
384 MiB
Hard Drive (ruang kosong)
GB
5 GB
640×480
640×480

2.4     Pemasangan Ubuntu
          Ubuntu pada umumnya dapat diinstal dari CD atau dapat diinstal melalui USB. Sistem operasi Ubuntu dapat dijalankan dari Live CD (seringkali dengan kehilangan performa yang signifikan), sehingga pengguna dapat mengecek kecocokan hardware dan dukungan driver sistem operasi. CD juga mempunyai Ubiquity Installer, sehingga penggguna dapat menginstall Ubuntu pada komputer secara permanen. Semua CD Ubuntu dapat diunduh di website Ubuntu. Penginstallan dari CD membutuhkan RAM minimal 256 MB.
          Pengguna dapat mengunduh disk image (.iso) dari CD, yang kemudian dapat ditulis (burn) ke media fisik (CD atau DVD), atau dijalankan langsung dari hard drive (memakai UNetbootin atau GRUB). Ubuntu juga dapat dijalankan di ARM, PowerPC, SPARC, dan IA-64, namun platform-platform tersebut tidak didukung secara resmi.
          Canonical menawarkan CD installasi Ubuntu dan Kubuntu dengan distribusi terbaru gratis (namun dihentikan pada April 2011), termasuk membayar biaya pos untuk tujuan banyak negara di seluruh dunia (lewat servis pengantaran ShipIt). Perangkat migrasi Microsoft Windows, yang bernama Migration Assistant (diperkenalkan pada April 2007), dapat digunakan untul mengambil bookmark, wallpaper, dan dari MS Windows ke installasi Ubuntu yang baru. Ubuntu dan Kubuntu dapat diboot dan dijalankan dari USB Flash drive (selama BIOS mendukung booting dari USB), dengan pilihan untuk menyimpan setting ke flashdrive. Hal ini membuat pengguna dapat menginstall Ubuntu dari flash disk, serta dapat menjalankan Ubuntu tanpa membuat perubahan pada hard drive pengguna. Untuk Ubuntu versi yang baru, program USB creator sudah tersedia untuk menginstall Ubuntu ke USB drive dengan atau tanpa LiveCD. Wubi, yang merupakan pilihan alternatif dari Live CD, merupakan installer yang berjalan dari windows (sebagai image yang besar yang diatur seperti program windows lain dan dikontrol oleh Control Panel Windows). Metode ini tidak membutuhkan partisi dari hard drive Windows pengguna. Wubi juga dapat memigrasikan setting pengguna dari Windows.
2.5     Rilis Ubuntu
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar Rilis Ubuntu
Versi
Kode nama
Tanggal Perilisan
Didukung sampai
Desktop
Server
4.10
Warty Warthog
20-10-2004
2006-04-30
5.04
Hoary Hedgehog
08-04-2005
2006-10-31
5.10
Breezy Badger
13-10-2005
2007-04-13
6.06 LTS
Dapper Drake
01-06-2006
2009-07-14
2011-06-01
6.10
Edgy Eft
26-10-2006
2008-04-25
7.04
Feisty Fawn
19-04-2007
2008-10-19
7.10
Gutsy Gibbon
08-10-2007
2009-04-18
8.04 LTS
Hardy Heron
24-04-2008
2011-05-12
2013-04
8.10
Intrepid Ibex
30-10-2008
2010-04-30
9.04
Jaunty Jackalope
23-04-2009
2010-10-23
9.10
Karmic Koala
29-10-2009
2011-04-30
10.04 LTS
Lucid Lynx
29-04-2010
2013-04
2015-04
10.10
Maverick Meerkat
10-10-2010
2012-04
11.04
Natty Narwhal
28-04-2011
2012-10
11.10
Oneiric Ocelot
13-10-2011
2013-04
12.04 LTS
Precise Pangolin
26-04-2012
2017-04
12.10
Quantal Quetzal
18-10-2012
2014-04
13.04
Raring Ringtail
25-04-2013
2014-10
13.10
Saucy Salamander
17-10-2013
2015-04
14.04 LTS
T?
 ?-04-2014
2019-10
Warna
Arti
Merah
Sudah tidak didukung
Hijau
Masih didukung
Biru
Rilis masa depan

Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Angka pertama adalah tahun, angka kedua adalah bulan perilisan. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.
Release code Ubuntu terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron (sejenis burung).
Rilis dijadwalkan satu bulan setelah perilisan GNOME (yaitu satu bulan setelah perilisan X.org). Sehingga setiap prilisan dari Ubuntu memiliki versi GNOME dan X yang diperbarui.
Peningkatan antara rilis harus dilakukan dari satu versi ke versi berikutnya (contoh: dari Ubuntu 11.04 ke Ubuntu 11.10). Namun, versi LTS dapat langsung ditingkatan ke versi LTS selanjutanya (contoh: dari Ubuntu 08.04 LTS ke 10.04 LTS).
Ubuntu 11.04 yang dirilis pada 28 April 2011 "Natty Narwhal" memiliki antarmuka yang sangat berbeda dari rilis-rilis Ubuntu sebelumnya. Ubuntu 11.04 memakai antarmuka Unity sebagai antarmuka grafis standar (GUI). Namun, masih dimungkinkan untuk kembali ke tampilan GNOME panel yang lama. Unity telah menerima banyak sekali kritik terutama dikarenakan pengembangan-nya yang mendadak sehingga masih belum sempurna. Namun, beberapa pengguna lain lebih memilih pendekatan Unity dari pada desktop GNOME yang lama. Unity pada Ubuntu 11.10 telah disempurnakan kali ini dibangun dari platform GNOME 3.2 (Ubuntu 11.04 dibangun di platform GNOME 2) sehingga menghasilkan lebih sedikit masalah dan efek visual yang lebih baik.
Sejak perilisan Ubuntu 12.10, Ubuntu edisi Desktop tidak lagi dapat di instal melalui CD (700 MB), dibutuhkan DVD atau flash drive yang setidaknya mempunyai 1 GB ruang kosong. Bagi pengguna Internet di Indonesia dapat mengunduh berkas Ubuntu lebih cepat dari server-server yang ada di Indonesia dibandingkan mengunduh dari situs luar.



2.6         Lingkungan Desktop
Ubuntu dilengkapi dengan banyak pilihan lingkungan desktop, di antaranya yang paling terkenal adalah GNOME, KDE, Xfce, dan LXDE.
·         GNOME: Semenjak pertama dirilis hingga saat ini GNOME merupakan desktop environment standar Ubuntu (Unity berdiri di atas platform GNOME). GNOME merupakan salah satu desktop environment yang paling populer di Linux dan dipergunakan secara luas. Pada April 2011, GNOME memperkenalkan GNOME Shell, sebuah framework yang terfokus. Banyak dari pengguna Ubuntu yang sudah beralih ke GNOME Shell karena tampilannya yang menarik.
·         Unity: Semenjak Ubuntu 11.04, Ubuntu telah menggunakan Unity sebagai Desktop Environment standarnya. Tidak seperti GNOME, KDE, Xfce, dan LXDE; Unity bukan merupakan kumpulan software melainkan hanya desktop environment yang menggunakan gtk+ yang sudah ada, dan berjalan di atas platform GNOME. Pada awal peluncurannya di Ubuntu 11.04, Unity menuai kritik yang sangat banyak karena masih memiliki banyak masalah, sehingga pada awalnya banyak pengguna masih memilih untuk memilih GNOME. Namun semenjak Unity disempurnakan pada Ubuntu 11.10, Unity kini lebih bebas dari masalah, dan efek visualnya semakin bagus.
·         KDE: (K Desktop Environment) merupakan desktop environment standar pada Kubuntu. KDE terkenal dengan desktop plasma-nya, namun desktop plasma tersebut membutuhkan daya hardware yang lebih besar pula sehingga tidak semua komputer dapat menjalankannya.
·         Xfce: Xfce adalah proyek desktop environment yang tujuannya adalah menciptakan desktop yang membutuhkan sedikit sumber daya hardware. Namun kebutuhan sumber daya hardware Xfce masih lebih tinggi dari pada LXDE. Xfce merupakan desktop environment standar Xubuntu.
·         LXDE: LXDE adalah proyek desktop environment yang bertujuan untuk membuat desktop yang cepat dan hemat energi. LXDE merupakan desktop environment standar Lubuntu.
  •  
Ubuntu 10.04 dengan GNOME 2
  •  
GNOME Shell
Unity pada Ubuntu 11.10
Desktop Plasma KDE


Xubuntu 11.10
  •  
LXDE desktop
2.7         Varian Ubuntu
          Varian Ubuntu sangat banyak, namun hanya 3 yang didukung dan dibiayai secara resmi oleh Canonical Ltd. yaitu, Kubuntu, Xubuntu, dan Lubuntu.
Berikut adalah varian Ubuntu yang terkenal:
·    Kubuntu Ubuntu yang memakai KDE Plasma Workspace, Kubuntu membutuhkan sumber daya hardware yang lebih banyak dibanding Ubuntu.
·    Xubuntu Distribusi Ubuntu yang memakai Xfce desktop environment, membutuhkan lebih sedikit sumber daya hardware.
·    Lubuntu Distribusi Ubuntu yang memakai LXDE desktop environment, merupakan distribusi Ubuntu yang membutuhkan paing sedikit sumber daya hardware.
·    Edubuntu Salah satu proyek gabungan Ubuntu dan GNOME yang bertujuan untuk menciptakan sistem operasi untuk sekolah dan pengguna rumah.
·    Mythbuntu Distribusi Ubuntu yang didesain untuk membuat theater ruma dengan MythTV. Mythbuntu menggunakan Xfce desktop environment.




2.8          Ubuntu Edisi Server

Installasi Ubuntu Server Edition :
·         Ubuntu juga menawarkan sistem operasinya dalam edisi server. Versi saat ini adalah Ubuntu 10.04 Long Term Support (LTS) release, yang akan didukung hingga April 2015. Pembaruan akan meliputi fitur baru hardware komputer, pembaruan keamanan, dan pembaruan ubuntu stack (software cloud computing).(cloud computing infrastructure)
·         Ubuntu menggunakan modul keamanan AppArmor untun Linux Kernel yang pada standarnya dinyalakan oleh kunci paket software, dan firewall sudah dikembangkan dari servis yang digunakan sistem operasi. Direktori home dan private directories juga dienkripsi. Ubuntu 10.04 Server Edition memiliki MySQL 5.1, Tomcat 6, Open JDK 6, Samba 3.4, Nagios 3, PHP 5.3, Pyton 2.6. Kebanyakan dari servis tersebut hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk dikonfigurasi.



·         Ubuntu 10.04 LTS Server Edition mendukung arsitektur Intel x86 dan AMD64. Edisi server menyediiakan fitur seperti file/print services, web hosting, email hosting, dll. Ada beberapa perbedaan antara edisi server dan edisi desktop walaupun keduanya menggunakan repositori apt yang sama. Perbedaan utamanya adalah, pada edisi server X window environment tidak diinstall scara standar, walaupun antarmuka grafik dapat diinstall secara manual seperti Ubuntu desktop. CD Ubuntu Server Edition juga memiliki pilihan untuk menginstall Ubuntu Enterprise Cloud.
·         Server Ubuntu juga didistribusikan secara gratis dam bebas. Pengguna dapat memilih untuk membayar untuk dukungan teknis dan konsultasi. Sukungan biasanya berupa kontrak dengan 9x5 jam bisnis seharga $750 per server, dan kontrak 24x7 untuk setiap tahun berharga $1,200.

2.9         Kelebihan dan Kekurangan Ubuntu
Sebagai sistem operasi terbuka/open source, Ubuntu memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang antara lain:
Kelebihan Linux Ubuntu
·          Gratis
Hal ini sudah menjadi ciri khas utama dari Ubuntu. Jika ada yang gratis dan memiliki kemampuan yang sama dengan sistem operasi lainnya yang tidak gratis, apalagi memiliki bayak kelebihan, Dengan menggunakan Ubuntu paling tidak kita bisa berhemat dalam situsasi dan kondisi perekonomian yang kurang kondusif saat ini.
·          Stabil                                                                                                                               yang satu ini kelihatannya tidak (atau mungkin belum) bisa ditandingi oleh Windows. Saat menggunakan Windows sering mengalami yang namanya ‘hang’ yang hanya bisa diselesaikan dengan mereset komputer. Di Ubuntu hal seperti ini sangat jarang terjadi.
·          Aman
Linux sebagai turunan dari sistem operasi Unix memang terkenal dengan masalah keamanannya. Berbeda dengan sistem di Windows, di Linux seorang pengguna tidak bisa melakukan apa pun sebatas operasi-operasi yang berhubungan dengan file-file miliknya sendiri. Di Ubuntu,  satu-satunya cara untuk melakukan installasi, menghapus, merename dan menambahkan sesuatu kedalam sistem hanyalah dengan menggunakan perintah sudo, yang dilanjutkan dengan pertanyaan password. Hal ini kelihatannya mulai diimplementasikan di Windows Vista, sayang  implem
entasinya masih belum sempurna. Dengan sistem keamanan seperti ini lah, virus (jikalau pun ada) akan sulit hidup di Ubuntu.
·         3D Interface
Salah satu hal yang dibanggakan oleh Microsoft pada Windows Vista adalah interface barunya, Aero. Sayangnya, Aero dapat membuat komputer yang berspesifikasi tinggi berjalan lambat. Laptop dengan memori 2 GB pun akan terasa lambat. Ini disebabkan Windows Vista menuntut spesifikasi hardware yang tinggi.Sebetulnya sebelum Windows Vista di rilis, Ubuntu telah mampu menampilkan interface 3D. Pada versi Ubuntu 7.04, banyak orang yang mengatakan bahwa interface Ubuntu (Beryl) justru lebih menawan daripada Aero – dan hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi.
·         Kompatibilas
Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru.Banyak orang yang terkejut ketika menemukan bahwa Ubuntu dapat menemukan semua perangkat keras yang ada dikomputer mereka secara otomatis dan mengkonfigurasinya sehingga siap pakai. Bahkan berbagai W-LAN ccard, yang biasanya jarang dikenali, kini sudah terdeteksi secara otomatis. Dengan update yang tergolong cepat, Ubuntu siap untuk mendukung hardware-hardware baru yang ada di pasaran. Patch kecil yang disediakan secara berkala baik secara resmi maupun dari pihak ketiga akan selalu disediakan untuk membantu kompatibilitas Ubuntu dengan hardware terkini.
·         Kemudahan Migrasi
Sejak versi Ubuntu 7.04, Ubuntu sudah menyertakan Migration Tool. Feature ini sudah menjadi tool default. Utility akan membantu anda dalam memindahkan data anda dari Windows ke Ubuntu dengan sangat mudah.
·         Advance Linux
Walaupun sederhana pada awalnya, Ubuntu juga dapat dikonfigurasikan menjadi sangat canggih. Dalam proses instalasi suatu program, Ubuntu memiliki sedikit perbedaan dibandingkan Windows. Ubuntu, seperti Debian, menggunakan package management system berbasis ‘Apt’ (Advance Packaging Tool). Apt merupakan sistem manajemen paket yang memudahkan pengguna dalam mengelola suatu software. Apt akan melakukan otomatisasi dalam pengabilan, kofigurasi, serta instalasi dari suatu paket software.Pada umumnya, paket-paket software pada Ubuntu diambil dari suatu wadah penyedia software yang dinamakan “Repository”. Pada umumnya, Repository Ubuntu berisi pustaka software yang disediakan pada suatu server tertentu Untuk elakukan instalasi, Apt akan mendownload file yang dibutuhkan dari suatu repository, mengkonfigurasikannya sesuai sistem, lalu meng-install-nya pada komputer pengguna. Dengan sistem ini, pengguna tidak perlu repot lagi dalam meng-install sebuah software yang diinginkannya. Otomatisasi ini yang menjadi salah satu daya tarik Ubuntu.Bagi yang familiar dengan SUS (Software Update Service) dan WSUS (Windows Software Update Service) dari Microsoft, Apt memiliki nyaris semua kemampuan SUS – dan lebih banyak lagi. Tidak itu saja, Apt telah ada jauh sebelum SUS sehingga telah terbukti sangat reliable dan efisien.Untuk perawatan server dan desktop dalam jumlah besar, Apt sangat membantu menghemat waktu dan tenaga anda. Proses administrasi yang user-friendly akan meringankan beban seorang IT Support dalam mengelola komputer berbasis Ubuntu.Dengan puluhan ribu pustaka softwaregratis yang tersedia di repository-nya, dan berbasiskan distro Debian yang sangat fleksibel, Ubuntu siap menjadi apa saja yang anda inginkan. Multimedia studio, advance Unix server, central server computing, render farm, develoment workstation, dan lain-lainnya, kemungkinan besar Ubuntu dapat melakukannya. Bahkan Google pun menggunakan Ubuntu di kantornya.
·         Mudah Didapatkan
Ubuntu bisa didapatkan dengan berbagai cara. Anda bisa men-download-nya langsung dari berbagai lokasi di seluruh dunia (termasuk Indonesia), memesan secara gratis, atau memesan dari berbagai distributor Linux di Indonesia.
·         Less Is More
Kelebihan Ubuntu yang terbesar justru adalah kesederhanaannya. Pada suatu perusahaan pernah dilakukan sebuah eksperimmen: satu lantai kantor dimigrasikan ke Ubuntu pada hari Minggu secara diam-diam. Hari Senin pagi, staf kantor di lantai tersebut menemukan bahwa komputer mereka telah berubah dari Windows menjadi Ubuntu semua.Tim dari departemen IT yang sebetulnya telah siap sedia untuk membantu mereka menjadi terkejut ketika ternyata telpon mereka tidak berdering. Lebih terkejut lagi ketika menemukan bahwa para staf tersebut telah kembali bekerja seperti biasa.Ini adalah kesaksian luar biasa terhadap feature user-friendliness dari Ubuntu. Bayangkan, pengguna komputer yang awam dapat terus bekerja dengan Ubuntu dalam waktu singkat, setelah selama bertahun-tahun hanya menggunakan sistem operasi Windows.Bahkan, mereka justru lebih senang dan nyaman karena kini mereka tidak lagi mengalami masalah yang disebabkan oleh virus dan spyware. Kini, mereka dapat mengerjakan pekerjaan mereka dengan tenang tanpa gangguan lagi.



Kekurangan linux Ubuntu
1.      Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar terbiasa dengan linux
2.      Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.
3.      Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
4.      Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.

2.10     Tutorial Penginstalan Ubuntu
          Saya misalkan kalian semua sudah membuat bootable ubuntu 12.10, ok ini langkah demi langkahnya :
1. Setting BIOS agar booting ke bootable Ubuntu 12.10 (Baik Lewat DVD/Flashdisk)
2. kemudian jika berhasil akan tampil seperti ini 
3.      Jika anda ingin mencoba terlebih dahulu ubuntu terbaru ini bisa kalian klik try ubuntu jika memang nanti sudah yakin mau install ubuntu ya, ydah langsung aja deh gak pake lama klik install ubuntu
4.      tampil form Preparing to install ubuntu ini kita Continue dan klw kita tidak terkoneksi internet maka kita pilih option yang pertama dan lanjutkan instalasi sampai tampil form instalasi Type
5.      Nah hati-hati pada form ini ada 3 pilihan option,   
1.      option pertama : jika anda ingin install ubuntu dengan sistem operasi lain pilih option ini
2.       option kedua : menghapus sistem operasi yang ada dan menggantinya dengan Ubuntu
3.      option ketiga : jika anda pengguna tingkat lanjut maka pilih opsi ini karena kita nanti bisa membagi lagi partisi home,root, dan swap ya (bagi yang baru kenal linux pasti binggung tuh, sama kyak saya juga :D)
6.       jika anda memilih option pertama pilih install now dan langkah-langkah yang lainya tinggal next aja pasti jadi tuh ubuntu ya
7.      jika anda memilih option ketiga maka disini saya mau jelasin dulu ne apa itu partisi home, root, dan swap
1.      Home : partisi home ini sama aja kayak my dokumen ya kalau diwindows tapi partisi ini gak masuk kedalam sistem dia terpisah jika nanti mau diinstal ulang lagi maka data-data kita masih tetep ada mantap kan ...hehe. Cara membuatnya pilih hardisk yang telah kita create di tutorial saya sebelumnyahapus partisi dengan klik tombol -(minus) kemudian buat dengan klik tombol +(plus) 
2.      Root : partisi root(/) ini adalah pastisi untuk system ya, cara membuat ya silahkan lihat gambar (Pada Mount Point ya pilih garis miring(/)
3.      Swap : partisi swap adalah partisi cadangan untuk memory jika mengalami carsh, te oo pp buanget neh linux ...hehe buatnya size partisi ya 2 kali dari memory RAM kita ...pada use as pilih swap ar
8.      Nah setelah ketiga partisi ini selesai saatnya kita install now
9.      Pilih location negara kemudian continue
10.  Pilih keyboard layout kemudian continue

11.  Isi data user login dan password pilih continue lagi

12.  setelah itu instalasi akan berjalan sekitar 15-30 menit tergantung panas api ya..eh kirain masak apa ...hehehe just kiding, klw udah berhasil maka tampil form istalasi complete dan meminta untuk restart



BAB III
PENUTUP

3.1     Kesimpulan
          Dengan demikian, dari beberapa subbab dapat diambil kesimpulan antara lain :
1.      Ubuntu berasal dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan yang berarti “rasa perikemanusiaan terhadap sesame” dan juga arti dari Ubuntu adalah “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Ubuntu merupakan salah satu distribusi linux, yang berbasiskan Debian yang diluncurkan tahun 2004. Proyek Linux itu sendiri dibiayai oleh perusahaan Canonical, Ltd, yaitu perusahaan yang dimiliki oleh kosmonot asal Afrika Selatan bernama Mark Shuttleworth, dimana perusahaan itu bermarkas di Eropa.
2.      Ubuntu sendiri sebagai sistem operasi open source mempunyai filosofi sebagai berikut  : perangkat lunak harus tersedia secara bebas, aplikasi tersebut harus dalam bahasa local dan dapat digunakan oleh orang yang cacat fisik, dan pengguna harus mempunyai kebebasan mengubah atau memodifikasi perangkat lunak sesuai apa yang diinginkannya.
3.      Kelebihan Ubuntu antara lain : Free, bebas virus, 3D interface. Sedangkan kekurangannya adalah : koneksi internet masih membutuhkan plugin yang banyak, fitur standar, serta tidak user friendly.
4.      Versi dan rilis Ubuntu berdasarkan nama kode dan nama versi. . Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober.
5.      Ubuntu memiliki beberapa varian, antara lain : Xubuntu, Edubuntu, Gobuntu, Muslim Edition, dan lain-lain.


3.2         Saran
Kita harus mempunyai motivasi atau dukungan melakukan kegiatan untuk mencapai cita-cita yang di dukung oleh kebiasaan-kebiasaan atau sikap yang lebih baik agar generasi tekhnologi di dunia menjadi semakin lebih canggih dan kita sebagai penerus harus mampu memanfaatkan perkembangan-perkembangan tekhnologi yang semakin pesat, bukan malah menyalagunakan untuk hal-hal yang negatif.



BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

1.      Ubuntu - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

2.      http ://Wawasan Internet  Makalah Ubuntu.html

1 komentar:

Shikamaru Nara mengatakan...

infonya sangat bermanfaat bagi ane
solder uap

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.